Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 06 Juli 2009

Pengenalan

Assalamu’alaikum. . ...
ketemu lagi....ok langsung saja....saya sebenarnya saat ini sedang tidak ingin banyak menulis karena ada beberapa pekerjaan yang perlu saya selesaikan dengan cepat tapi...ya...alhamdulillah karena saya dahulu pernah membuka-buka web bahasa arab dan pada waktu itu pula saya sempet mengcopy beberapa faidah dan diantara copy-an tersebut diantaranya ada yang isinya yang saya rasa cocok dengan pribadi saya dalam menyampaikan suatu toeri kepada orang lain dan inilah dia copy-annya (dengan beberapa pengeditan ):

kita sering denger istilah Nahwu dan Sharaf....tapi kita tahu gak ya, bedanya nahwu sama sharaf itu apa? karena biasanya, ketika disebut nahwu maka sharaf ikut disebut dan sebaliknya..... lalu, apa dong bedanya?......baik sekarang saya ingin sedikit menjelaskan tentang masalah ini semoga bermanfaat bagi sobat semua.....

1.Nahwu

Nahwu secara bahasa memiliki arti seperti atau semisalnya (Kamus Al Munawwir)
namun secara istilah sebagaimana yg dikatakan pengarang kitab (Al Fawakih Al janiyyah)yaitu sebuah kitab penjelasan dari kitab Mutammimah (yang merupakan penjelasan dari kitab jurmiyyah) nah lo.....moedeng gak loe....: Nahwu adalah ilmu tentang pokok, yang bisa diketahui dengannya harkat akhir dari suatu kalimat baik secara i’rab atau mabniy… (harkat yg dimaksud disini adalah harakat terakhir dari suatu kata, contoh Alhamdu, maka yg dibahas dalam ilmu nahwu adalah harakat terakhir yaitu dhammah dari kata du)
biar pada ngerti maka kita make contoh dah… misalnya kita baca basmallah kan bismullahirrahmannirrahiimi.. pernah terpikir tidak kenapa dibaca seperti itu? kenapa bismillahi tidak BismillahA atau bismillahu? Arrahmani tidak Arrahmana atau Arrahmanu? nah, disinilah fungsi ilmu nahwu, yaitu membuat sebuah kata bisa dibaca dengan benar sehingga menghasilkan makna atau arti yang benar.. karena bahasa arab itu, apabila beda satu harakat saja maka bisa beda maknanya bahkan ada yang tidak bisa diartikan kalo harakatnya salah.......catet!
2.Sharaf Sharaf secara bahasa memiliki arti perubahan (kamus Al Munawwir)
namun secara istilah sharaf adalah perubahan bentuk kata dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain.....nah lo...mumet lagi ya....misalnya, dalam bahasa indonesia, kita bisa menggunakan kata teman, berteman, pertemanan, menemani, ditemani.. maka begitu juga dengan bahasa arab....dan ilmu sharaf adalah ilmu yang membahas masalah seperti itu....nah sudah tau kan sekarang bedanya???

jadi kesimpulannya ialah :
Ilmu yang membahas tentang perubahan harokat akhir dari sebuah kata adalah ilmu Nahwu sedangkan.....
Ilmu yang membahas tentang perubahan sebuah kata dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya ialah ilmu sharaf.....



0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails